GELAR RAKERDA, IPM Kuatkan Visi Pelajar Nawasena di Kabupaten Jember

Foto Peserta Rakerda PD IPM Jember (Khoirul Anam/JemberMu.com) 

JemberMu.com - Pimpinan Daerah Ikatan Pelajar Muhammadiyah (PD IPM) Kabupaten Jember menggelar Rapat Kerja Daerah (Rakerda) pada Ahad (09/06/2024) di Balai Desa Ambulu. Mengusung tema “Pelajar Nawasena: Elaborasi Gerakan Menuju Inklusifitas IPM Jember”, acara ini bertujuan untuk memperkuat visi dan misi organisasi dalam menciptakan pelajar yang inklusif dan berwawasan luas.

Acara ini dihadiri oleh Kepala Desa Ambulu M. Jaiz Efendi, perwakilan Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Jember KH. Kusno, M.Ag, M.Pd.I, Pimpinan Cabang Muhammadiyah Ambulu Zaenal Arifin, S.Pd, Ketua Umum PD IPM Jember Fajar Devan Anugrah, serta 60 kader IPM se-Jember.

Dalam sambutannya, M. Jaiz Efendi mengucapkan terima kasih kepada IPM Jember yang memilih Balai Desa Ambulu sebagai lokasi kegiatan. “Kami sangat senang dengan adanya kegiatan semacam ini karena di Ambulu tidak ada karang taruna yang aktif. Semoga IPM bisa menginisiasi kembali aktivitas karang taruna di sini,” ujar Jaiz Efendi.

Ustad Kusno, S.Ag, M.Pd.I, Sekretaris Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Jember, menyambut hangat peserta Rakerda dan menekankan pentingnya menjadi kader Nawasena sesuai tema yang diusung. “PD IPM Jember harus bisa menciptakan Pelajar Nawasena yang cemerlang, dengan hati yang jernih, tindakan yang nyata, dan pemikiran yang rasional. Kolaborasi dengan berbagai pihak, baik internal maupun eksternal Muhammadiyah, sangat penting untuk mencapai tujuan ini,” jelas Ustad Kusno.

Ustad Kusno juga menekankan pentingnya kolaborasi dan sinergi antara IPM dengan berbagai pihak. “Kolaborasi adalah ajang adu gagasan dan saling melengkapi. Program yang sudah dibuat harus diimplementasikan secara nyata di lapangan, mengenali potensi dan tantangan, serta mencari solusi untuk setiap kendala. Program-program ini tidak mungkin dilaksanakan tanpa keterlibatan pihak lain,” tambahnya.

Sambutan Fajar Divan Anugrah Ketua Umum PD IPM Jember periode 2023-2025 dalam Rapat Kerja Daerah (Khoirul Anam/JemberMu.com) 

Ketua Umum PD IPM Jember, Fajar Devan Anugrah, menjelaskan bahwa tema Rakerda kali ini diharapkan mampu menciptakan semangat sinergi dan kolaborasi antar tingkatan pimpinan di PD IPM Jember. “Tema besar PD IPM Jember Nawasena artinya kepemimpinan yang punya masa depan cerah. Gagasan ini harus diterapkan hingga tingkat cabang dan ranting untuk mencapai Pelajar Nawasena. Kolaborasi antar tingkatan pimpinan sangat diperlukan,” ujar Fajar.

Dengan tema dan visi yang kuat, Rakerda PD IPM Jember diharapkan dapat mengarahkan organisasi menuju inklusivitas yang lebih baik dan mendorong pelajar Muhammadiyah di Jember untuk menjadi pemimpin masa depan yang cerah dan berintegritas.



Penulis : Khoirul Anam

Lebih baru Lebih lama