Perpustakaan Unmuh Jember Raih Prestasi Gemilang di Silasma FPPTMA Awards 2024

Perpustakaan Unmuh Jember Raih Prestasi Gemilang di Silasma FPPTMA Awards 2024 (Humas Unmuh Jember/JemberMu.com)

JemberMu.com - Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Jember (Unmuh Jember) mencatat prestasi membanggakan dalam ajang Silaturahmi Nasional Perpustakaan Perguruan Tinggi Muhammadiyah Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi Muhammadiyah-’Aisyiyah (Silasma FPPTMA) 2024. Acara ini berlangsung pada Rabu (05/06/2024) hingga Kamis (06/06/2024) di Aula Universitas Muhammadiyah Malang.

Acara ini dihadiri oleh lebih dari 80 perwakilan perpustakaan dari Universitas Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah se-Indonesia, yang diisi dengan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas), Call for Paper, talkshow, seminar, dan FPPTMA Awards. Kepala Perpustakaan Nasional (Perpusnas), E. Aminudin Aziz, memberikan keynote speech, disusul oleh opening speech dari Diktilitbang serta materi dari Dr. Labibah Zain, MLIS, dan Novy Diana Fauzie, S.S., MA.

Dalam FPPTMA Awards, Perpustakaan Unmuh Jember berhasil meraih Juara 1 Kategori Riset Terbaik melalui karya Berlian Eka Kurnia, S.IIP., M.A., Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Perpustakaan Unmuh Jember. Riset Berlian tentang bibliometrik meneliti produktivitas penulis dalam bidang manajemen pendidikan, memberikan wawasan mendalam tentang produktivitas penulis di bidang tersebut.

Prestasi lainnya diraih oleh Endang Dewi Kartika, S.Ptk., yang meraih Juara 1 Kategori Esai Terbaik dengan esai berjudul “Peran Perpustakaan Perguruan Tinggi dalam Meningkatkan Publikasi Institusi Melalui Program Penerbitan Buku Referensi Kolaboratif Mahasiswa dan Dosen”. Dalam esainya, Dewi mengusulkan penerbitan buku berdasarkan esensi skripsi mahasiswa agar dapat diakses oleh masyarakat luas, sehingga dapat mengatasi keterbatasan akses terhadap repository skripsi yang bersifat tertutup.

“Konsepnya bukan skripsi yang dibukukan, tapi skripsi yang diolah esensinya agar bisa menjadi buku yang bisa dibaca oleh masyarakat,” jelas Dewi.

Selain kemenangan individu, Perpustakaan Unmuh Jember juga meraih dua penghargaan lainnya, yaitu Juara Harapan 1 Kategori Instagram Perpustakaan Terbaik dan Juara Harapan 3 Kategori Website Perpustakaan Terbaik. Berlian mengungkapkan bahwa ini adalah pembelajaran untuk lebih memaksimalkan revitalisasi website perpustakaan ke depannya.

“Kemenangan ini menunjukkan bahwa tenaga kependidikan di Unmuh Jember juga memiliki kesempatan untuk berkembang demi meningkatkan eksistensi kampus. Seluruh tendik diharapkan lebih aktif dalam bidang masing-masing,” kata Berlian.

Dalam upaya mengembangkan perpustakaan agar lebih relevan dan up-to-date, pustakawan UPT Perpustakaan Unmuh Jember berkomitmen untuk terus meningkatkan kemampuan dan kompetensinya. Mereka ingin mengikuti permintaan pemustaka dan perubahan zaman, dari hanya menyediakan buku hingga menjadi lebih fleksibel dalam menyediakan informasi.

“Jangan pernah berhenti untuk belajar, terus kembangkan potensi,” ujar Berlian.



Penulis : Humas Unmuh Jember

Lebih baru Lebih lama