Unmuh Jember Adakan Kompetisi Bisnis dan Seminar untuk Didik Mahasiswa Berprestasi

Unmuh Jember Adakan Kompetisi Bisnis dan Seminar untuk Didik Mahasiswa Berprestasi (Humas Unmuh Jember/JemberMu.com)

JemberMu.com - Universitas Muhammadiyah Jember (Unmuh Jember) kembali memberikan wadah bagi mahasiswanya untuk mengembangkan jiwa wirausaha dan keterampilan bisnis melalui acara Business Plan Competition & Webinar bertemakan "Building Confidence through Public Speaking" yang digelar di Gedung Ahmad Zainuri Unmuh Jember pada 24-25 Juni.

Acara ini dihadiri oleh lebih dari 350 mahasiswa yang terbagi menjadi empat kelompok bisnis: kuliner, jasa dan perdagangan, budidaya, dan industri kreatif. Setiap jenis usaha dipresentasikan dan dinilai oleh juri.

Hari kedua acara dibuka dengan sambutan dari Kepala Lembaga Pengembangan Mahasiswa dan Alumni (LPMA), Deni Arfianto, S.T., M.T. Deni menekankan pentingnya pengembangan ilmu yang dibawa oleh narasumber sebagai kesempatan bagi para peserta. Ia juga menyatakan bahwa proyeksi ekonomi Indonesia yang stabil membuka peluang besar bagi para peserta.

Acara dilanjutkan dengan pengumuman final 10 penerima bantuan kompetisi bisnis, yakni Chillita, Telur Asin Rasa Pedas, Kindness Saving Card, Bookish Play, Ranger Medsos, Ruang Estetika, Omah Cacing, Biotuka, Sundawa Cultural Market, dan Xelograph.id.

Unmuh Jember Adakan Kompetisi Bisnis dan Seminar untuk Didik Mahasiswa Berprestasi (Humas Unmuh Jember/JemberMu.com)

Selanjutnya, seminar disampaikan oleh Novan Yudhistira, seorang Public Speaking Coach di Ganesha Public Speaking. Novan menjelaskan pentingnya intensitas individu dalam berbicara di depan umum dan bagaimana latihan secara rutin dapat meningkatkan kepercayaan diri. Ia juga menekankan pentingnya memiliki growth mindset dalam menghadapi tantangan, kegagalan, kritik, dan kerja keras.

Seminar berlangsung kondusif dengan partisipasi aktif dari mahasiswa, yang mengikuti konsep "bahagia, fokus, dan terlibat" yang diterapkan oleh Novan melalui pengalaman di hypnotherapy.

Lebih baru Lebih lama