Menghadiri Yudisium Teknik, Cak Salam: Kesuksesanmu Berada di Doa Orang Tua

Jajaran Senat Fakultas Teknik Unmuh Jember (Humas Unmuh Jember/JemberMu.com)

Sebanyak 298 lulusan Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Jember mengikuti Rapat Terbuka Senat yang digelar di Aula Ahmad Zaenuri pada pagi hari ini (29/8). Acara ini menjadi momentum penting bagi mereka, karena secara resmi mereka kini menyandang gelar Sarjana sesuai program studi masing-masing.

Empat program studi berhasil meluluskan mahasiswanya pada tahun ini. Dalam kesempatan tersebut, Dekan Fakultas Teknik, Dr. Ir. Muhtar S.T., M.T. IPM, memberikan pesan kepada para lulusan. Ia menekankan pentingnya peran mereka dalam masyarakat dan menyampaikan empat poin penting: terus belajar, menjaga nama baik institusi, menghormati orang tua dan guru melalui doa, serta tetap melaksanakan ibadah.


Penganugrahan Mahasiswa Berprestasi IPK Tertinggi Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Jember (Humas Unmuh Jember/JemberMu.com)

Penganugrahan Mahasiswa Berprestasi Lulusan Tercepat Fakultas Teknik Unmuh Jember Sebelah kiri: Mohammad Rizki dari Program Studi Teknik Informatika, Sebelah kanan: Dekan Fakultas Teknik Dr Ir Muhtar ST MT IPM) (Humas Unmuh Jember/JemberMu.com)


Selanjutnya, Abdus Salam SE, Ketua Ikatan Keluarga Alumni Unmuh Jember yang akrab disapa Cak Salam, juga memberikan motivasi kepada para lulusan. Cak Salam berbagi pengalaman pribadinya sebagai pengusaha muda yang sukses, yang tak lepas dari semangat belajar dan eksplorasi ilmu semasa kuliah.

Cak Salam dalam menyampaikan orasi motivasinya dalam acara Rapat Terbuka Senat Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Jember (Humas Unmuh Jember/JemberMu.com)

Cak Salam menekankan peran penting doa orang tua dalam kesuksesan yang ia raih. Ia berharap perjuangannya yang meliputi berbagai profesi seperti membuka usaha rental, bekerja sebagai kuli, dan bertani dapat menjadi inspirasi bagi para lulusan. Menurutnya, keberhasilan hanya bisa dicapai dengan usaha keras dan doa tulus dari orang tua.

"Doa tanpa usaha itu sia-sia, dan usaha tanpa doa itu artinya sombong," ujar pria berusia 41 tahun tersebut.

Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Jember saat ini memiliki enam program studi. Namun, Program Studi Teknik Lingkungan dan Sistem Informasi yang baru didirikan pada September dan Oktober 2021, masih dalam tahap pengembangan awal.



Penulis : Humas Unmuh Jember - A

Lebih baru Lebih lama