Muhammadiyah Jember Gelar SECARA untuk Perkuat Akar Rumput


Muhammadiyah Jember Gelar SECARA untuk Perkuat Akar Rumput (Bambang Adam/JemberMu.com) 

JemberMu.com – Lembaga Pengembangan Cabang Ranting dan Pembinaan Masjid (LPCR-PM) Pimpinan Daerah  Muhammadiyah Jember sukses menyelenggarakan Sekolah Cabang dan Ranting (SECARA) zona wilayah II pada Sabtu-Ahad (10-11/08/2024). Acara yang berlangsung di Cabang Muhammadiyah Wuluhan dan bertempat di aula SMA Muhammadiyah 2 Wuluhan Jember ini dihadiri oleh 114 utusan dari 5 Cabang dan 38 Ranting Muhammadiyah di wilayah tersebut.

SECARA menjadi ajang penting bagi para pengurus Cabang dan Ranting untuk memperdalam pemahaman mengenai berbagai aspek organisasi Muhammadiyah. Materi yang disampaikan mencakup Identitas Gerakan Muhammadiyah, Muqaddimah Anggaran Dasar Muhammadiyah, Gerakan Jama’ah dan Dakwah Jama'ah Muhammadiyah, Model Pembinaan Anggota Pengajian Cabang dan Ranting Muhammadiyah, serta Pengelolaan Dana Muhammadiyah.

Muhammadiyah Jember Gelar SECARA untuk Perkuat Akar Rumput (Bambang Adam/JemberMu.com) 


Dalam sambutannya, Ketua PDM Jember, Prof. Dr. H. Aminullah Elhady, M.Ag., berharap bahwa SECARA ini mampu mendorong perubahan positif di tingkat PDM, PCM, dan PRM. “Dengan pemahaman yang lebih mendalam, diharapkan para pengurus dapat lebih efektif dalam menjalankan tugas dan meningkatkan kontribusi Muhammadiyah di akar rumput,” ujarnya.

Para peserta menunjukkan antusiasme tinggi selama mengikuti seluruh rangkaian acara. Diskusi dan sesi tanya jawab interaktif menjadi momen penting bagi mereka untuk bertukar pengalaman dan pengetahuan.


Muhammadiyah Jember Gelar SECARA untuk Perkuat Akar Rumput (Bambang Adam/JemberMu.com) 

Ahmad Samanan, S.Pd., M.KPd., Wakil Ketua Korbid LPCR PM PD Muhammadiyah Jember, dalam sambutan penutupannya, menekankan pentingnya penerapan ilmu yang diperoleh dari SECARA di masing-masing Cabang dan Ranting. “Semoga dengan SECARA ini, pelayanan kepada anggota dan simpatisan Muhammadiyah semakin meningkat, kualitas pengajian semakin baik, dan masjid-masjid semakin makmur,” harapnya.


Penulis : Bambang Adam Malik

Lebih baru Lebih lama