KBIHU Ar-Raudhah PDM Jember Resmi Beroperasi, Siap Berikan Bimbingan Ibadah Haji dan Umroh

Penyerahan Izin Operasional KBIHU Ar Raudhah oleh Kanwil Kemenag Jatim kepada Ketua PDM Jember (Unas/JemberMu.com)

JemberMu.com - Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umroh (KBIHU) Ar-Raudhah, yang dikelola oleh Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kabupaten Jember, kini telah resmi beroperasi. Peresmian ini ditandai dengan penyerahan surat izin operasional oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Jawa Timur, Dr. Akhmad Sruji Bahtiar, M.Pd.I., kepada Ketua PDM Jember, Prof. Dr. H. Aminullah Elhady, M.Ag., pada Jumat (20/9/2024) di Kantor PDM Jember.

Dr. Akhmad Sruji Bahtiar menyampaikan rasa syukur dan kegembiraannya atas peresmian KBIHU Ar-Raudhah. Menurutnya, lembaga ini akan memainkan peran penting dalam memberikan bimbingan komprehensif kepada calon jamaah haji dan umroh, mulai dari pelatihan manasik hingga pendampingan selama di Tanah Suci.

KBIHU Ar-Raudhah PDM Jember Resmi Beroperasi, Siap Berikan Bimbingan Ibadah Haji dan Umroh (Unas/JemberMu.com)

"Saya sangat bersyukur dan gembira, karena hari ini KBIHU Ar-Raudhah resmi beroperasi. Insya Allah, dengan peresmian ini, Muhammadiyah Jember dapat lebih maksimal dalam memberikan bimbingan kepada calon jamaah haji, sehingga mereka dapat menjalankan ibadah dengan sempurna dan mencapai haji mabrur," ujar Dr. Akhmad.

Pembentukan KBIHU Ar-Raudhah merupakan hasil dari upaya panjang jajaran PDM Jember. Meskipun sebelumnya sudah memberikan bimbingan kepada calon jamaah melalui kegiatan manasik, lembaga ini belum dapat melakukan pendampingan penuh karena belum mengantongi izin resmi. Pada musim haji tahun lalu, KBIHU Ar-Raudhah bahkan sempat memberangkatkan 45 calon jamaah haji, yang bergabung dengan KBIH lainnya.

Kini, dengan izin operasional yang sudah diberikan, KBIHU Ar-Raudhah diharapkan dapat memberikan bimbingan intensif dan mendampingi calon jamaah secara langsung, baik sebelum maupun selama pelaksanaan ibadah di Tanah Suci. Ketua PDM Jember, Prof. Dr. Aminullah Elhady, turut mengungkapkan rasa syukurnya atas terwujudnya lembaga ini.

Sambutan Ketua PDM Jember pada Launching KBIHU Ar Raudhah (Unas/JemberMu.com)

"Kami berharap KBIHU Ar-Raudhah dapat bekerja maksimal dalam membimbing para calon jamaah haji dan umroh, mulai dari persiapan hingga pelaksanaan di Tanah Suci. Dengan bimbingan yang sesuai syariat, Insya Allah jamaah akan mampu menjalankan ibadahnya dengan sempurna," ungkap Prof. Aminullah.

Keberadaan KBIHU Ar-Raudhah juga diharapkan dapat mendukung pemerintah dalam pembinaan ibadah haji, mengingat keterbatasan sumber daya yang ada. Lembaga ini menjadi penopang penting bagi jamaah haji dari Jember, dan diharapkan jumlah jamaah yang mengikuti bimbingan KBIHU Ar-Raudhah akan terus bertambah.

Peresmian ini dihadiri oleh jajaran PDM Jember serta sejumlah Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) wilayah kota Kabupaten Jember, Organisasi Otonom, Rektorat Unmuh Jember, serta mitra yang turut mendukung keberadaan KBIHU Ar-Raudhah sebagai lembaga resmi bimbingan ibadah haji dan umroh di wilayah tersebut.




Penulis : Humas Unmuh Jember

Lebih baru Lebih lama